Mengedukasi Buah Hati Akan Berita Nasional

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki oleh Gas Wall Oven
Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki oleh Gas Wall Oven
December 4, 2018
Apa yang Dimaksud dengan Combi Oven?
Apa yang Dimaksud dengan Combi Oven?
December 19, 2018
berita nasional

Pasti sebagai orang tua kita merasa was – was akan buah hati yang mendapatkan informasi tidak benar. Belum lagi, dengan maraknya berita nasional hoax akhir – akhir ini. Paparan berita negatif akan berdampak pada perkembangan buah hati secara psikologis. Untuk itu peranan orang tua dibutuhkan agar anak tidak terpapar isu atau berita yang hoax. Maka dari itu, ada beberapa tips yang digunakan untuk mengedukasi anak agar tidak termakan oleh isu hoax.

Orang yang rentan termakan berita hoax

Bukan hanya anak – anak saja yang rentan mendapatkan berita nasional hoax. Bahkan ada beberapa golongan orang yang memang bisa mendapatkan berita bohong, seperti berikut ini:

  • Orang – orang yang mengidolakan publik figur terlalu tinggi, dengan kata lain bias. Maksudnya, orang tersebut adalah orang yang fanatik akan segala hal, pada perorangan atau suatu kelompok tertentu.
  • Orang tua yang telah berusia 40 tahun keatas. Pasalnya, orang tua bukan orang yang hidup di jaman digital. Itu berarti mereka lebih suka mendapatkan berita dari satu sumber saja dan lebih mudah untuk terprovokasi.
  • Para remaja juga rentan mendapatkan isu hoax. Pasalnya, mereka masih dalam usia labil dan malas dalam mencari kebenaran akan berita tersebut.

Edukasi anak dari berita hoax

Berikut ini beberapa cara mengedukasi anak – anak dari berita nasional yang hoax dan tidak langsung percaya berita tersebut mentah – mentah.

  1. Lakukan komunikasi

Dibutuhkan peranan aktif orang tua  untuk mengontrol anak – anak. Maka dari itu, dibutuhkan komunikasi yang lebih intens. Selain itu, biasakan juga untuk mengklarifikasi berita saat melihatnya secara bersamaan. Beritahu juga kebenaran informasi yang sesungguhnya agar anak Indonesia tidak mudah terpengaruh.

  1. Libatkan peranan semua pihak

Dalam mengajari anak orang tua memang tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada sosok lain di pihak mereka yang juga membantu, mulai dari guru, saudara, teman sekolah hingga lingkungan pergaulan mereka. Alangkah baiknya, Anda menjadi pihak penengah untuk bisa memberikan informasi yang benar dan berdasarkan fakta yang ada.

  1. Selalu verifikasi data

Saat Anda menerima berita dari buah hati, Anda sebaiknya tidak langsung mempercayai berita tersebut. Pastikan dahulu apakah informasi yang didapatkan adalah informasi yang nyata atau hanya hoax belaka. Apabila dirasa informasi yang didapatkan tidak benar, maka Anda harus segera memberitahukan anak Anda sebelum terlambat.

  1. Jadi orang tua yang cerdas

Hal yang cukup menjadi momok dan memang terjadi adalah orang tua yang juga termakan akan berita hoax atau bohong. Dengan demikian, buah hati mau tidak mau harus mengikuti pendapat Anda. Maka dari itu, sebagai orang tua biasakan untuk selalu update akan berita nasional terbaru. Selain itu, gunakan sumber yang tepat untuk mendapatkan berita dan lakukan tanya jawab dengan beberapa pihak agar bisa mendapatkan berita yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *