Struktur atau Komponen Panel Surya

lampu tenaga surya
Alasan Menggunakan Lampu Tenaga Surya di Rumah
September 20, 2017
Lampu dengan solar cell di jalan

Pada pembahasan sebelum ini sudah diuraikan sedikit banyak pengertian dari panel surya, yang juga dikenal dengan nama solar cell atau photovoltaic cell. Kali ini yang akan dijelaskan adalah tentang komponen atau struktur apa saja yang terdapat di dalam sebuah panel surya.

Panel surya terdiri dari banyak komponen atau struktur. Jenisnya banyak sekali, disesuaikan dengan perkembangan jaman yang sudah semakin berubah. Ada solar cell generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga sampai dengan generasi keempat.

Yang akan dibahas di sini adalah yang bagian-bagian yang merupakan struktur yang ada di dalam panel surya generasi pertama dan kedua. Di pasaran, saat ini solar cell generasi pertama dan kedua inilah yang banyak sekali ditemui. Solar cell generasi pertama dan kedua adalah sel yang memiliki bahan dasar silikon.

Ada banyak sekali struktur atau komponen yang terdapat di panel surya generasi pertama dan kedua, antara lain adalah sebagai berikut :

– Substrat.

Komponen sel surya semuanya ditopang oleh metal backing, yang merupakan nama lain dari substrat. Substrat juga berfungsi sebagai kontak terminal positif dari sel surya. Oleh karena itulah substrat harus memiliki konduktifitas listrik yang baik. Yang pada umumnya digunakan untuk material substrat adalah material logam atau metal. Molybdenum dan aluminium adalah contoh-contoh material metal yang biasa dipakai. Material substrat ini merupakan kontak positif. Substrat memiliki fungsi yang lain lagi, yaitu sebagai tempat masuknya cahaya, jika diterapkan untuk sel surya dye-sensitized dan sel surya organik. Indium tin oxide atau ITO dan FTO atau Flourine Doped Tin Oxide adalah beberapa material yang dipakai di dalam sel surya jenis ini.

– Material semikonduktor.

Bagian yang paling pokok dari sel surya adalah material semikonduktor. Yang diserahi bagian untuk menyerap cahaya dari sinar matahari adalah material ini. Material semi konduktor ini memiliki ketebalan beberapa macam. Untuk sel surya generasi pertama tebalnya sampai mencapai beberapa ratus kilometer. Material semikonduktor jenis ini biasanya digunakan untuk industri yang bergerak di bidang elektronik. Sedangkan untuk sel surya yang lapisannya tipis, ketebalannya mencapai satu sampai dengan tiga mikrometer.

– Kontak metal.

Kontak metal atau kontak negatif atau biasa disebut dengan nama contract grid ini fungsinya sebagai penyeimbang dari material semikonduktor.

– Lapisan anti reflektif.

Lapisan anti reflektif ini digunakan untuk melapisi sel surya. Sel surya ini harus dilindungi oleh lapisan anti refkesi supaya semikonduktor bisa menyerap secara optimal refleksi dari cahaya. Lapisan tipis dari material merupakan bagian dari lapisan anti reflektif.

– Enkapsulasi.

Enkapsulasi artinya perlindungan. Jadi komponen ini bertugas sebagai pelindung, istilahnya sebagai cover glass dari modul surya. Melindunginya sekaligus mengamankannya dari hujan dan kotoran-kotoran.

Dengan pengetahuan ini, harapannya Anda punya informasi lebih banyak sebelum membeli alat ini di tempat jual solar cell. Membeli panel surya memang membutuhkan investasi yang tidak kecil, namun manfaat yang didapat nantinya baik dair segi kehematan dan lingkungan akan sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *