3 Trik Menarik Konsumen saat Penjualan Sepi

 

Menarik konsumen saat penjualan sepi harus Anda usahakan agar bisnis Anda tetap bisa berjalan. Sudah menjadi hal wajar jika sebuah usaha mengalami pasang surut penjualan. Di suatu saat, konsumen sangat membludak hingga memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Namun, dalam waktu tertentu, tidak banyak konsumen yang membeli produk Anda. Pemasukan pun menjadi berkurang drastis. Setiap pengusaha pasti mengalaminya. Namun begitu, Anda tetap bisa mengusahakan untuk menarik konsumen meskipun penjualan sedang sepi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan digital marketing.

Apa itu digital marketing? Sesuai namanya, digital marketing merupakan bentuk metode pemasaran yang menggunakan media digital. Nah, berikut ini tips dan tutorial marketing jualan online yang bisa Anda lakukan saat menerapkan digital marketing.

  1. Email Follow Up

Email follow up merupakan salah satu cara untuk menjalin komunikasi kembali dengan konsumen. Mengirim beberapa program diskon, informasi produk baru, atau hanya sekadar mengirimlan ucapan kepada pelanggan setia sangat efektif untuk menarik mereka. Cara ini juga sekaligus mengingatkan mereka kembali akan produk yang Anda miliki. Namun, mengirimkan email ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Jangan sampai Anda mengirimkan email setiap saat. Sebab, hal itu justru akan membuat konsumen menjadi jengah dan bosan. Kirimkan email pada waktu-waktu yang tepat. Sebagai contoh, saat lebaran, natal, atau akhir tahun pada waktu banyak diskon Anda berikan.

  1. Sales Panel

Sales panel adalah penjualan yang dilakukan secara online. Biasanya, media yang digunakan adalah blog. Melalui blog ini, Anda dapat selalu meng-update produk yang Anda tawarkan sehingga dapat dibaca oleh semua konsumen. Bahkan, konsumen juga bisa melakukan pembelian melalui media ini yang tentunya lebih mudah.

  1. Landing Page

Selain blog, Anda bisa membuat sebuah website perusahaan Anda. Dan, hal penting yang perlu Anda siapkan adalah landing page, yaitu halaman pertama website. Pada halaman ini, Anda harus memaksimalkan promosi. Buatlah landing page yang mampu menarik perhatian konsumen. Semakin menarik halaman pertama website Anda ini, semakin membuat konsumen lebih bertahan lama di halaman tersebut. Ini artinya, semakin besar peluang konsumen untuk tertarik melakukan transaksi. Namun, masalahnya, tidak mudah membuat landing page yang menarik. Jika Anda tidak mempunyai keahlian untuk ini, Anda bisa menggunakan jasa pembuat website yang bonafid. Dengan menggunakan jasa mereka, pastikan produk Anda menjadi lebih menarik.

Dengan menggunakan digital marketing, Anda tetap bisa menarik konsumen meskipun penjualan sedang sepi. Sebab, media ini mampu menjaring konsumen lebih luas. Konsumen dari negara lain pun dapat melihat sekaligus membeli produk Anda. Dengan begitu, Anda tetap busa eksis di tengah kondisi yang krisis. Saat banyak perusahaan banyak yang gulung tikar karena menurunnya pendapatan, Anda tetap mampu menarik konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *